Pelatihan Keuangan Daerah – Inspektorat Daerah Kab. Kepulauan Tanimbar Bimtek Audit Investigatif


Diterbitkan pada : 29 Mar 2021

Dalam rangka memperkuat kapasitas SDM di bidang keuangan, Inspektorat Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar Provinsi Maluku mengikuti Bimbingan Teknis Audit Investigatif di Smile Group. Bimtek audit investigatif berlangsung selama 3 hari tanggal 29 sampai 31 Maret 2021. Pelatihan audit investigatif diselenggarakan di gedung Smile Group, jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Kuantan Square Mlati kav. R3-5 & A2 Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Smile Group sebagai lembaga penyelenggara pelatihan untuk pegawai pemerintah daerah dan instansi non pemerintah menerapkan protokol kesehatan yang ketat selama pelatihan.

Sebagai upaya peningkatan efektivitas pemberantasan korupsi, terlebih kebijakan dalam bentuk peraturan perundang-undangan, memerlukan dukungan sumber daya manusia yang kompeten dengan keahlian, keterampilan dan pengalaman yang cukup di bidang penanganan atau pendeteksian korupsi atau kecurangan. Kecurangan yang terjadi dalam proses kegiatan operasional akan berdampak pada kurangnya keandalan laporan keuangan. Kecurangan pada kegiatan operasional haruslah mampu untuk diteteksi dan dicegah agar tidak mengalami kerugian yang besar. Sehingga ketika sudah mendapatkan indikasi adanya kecurangan akan melakukan penelusuran atau pemeriksaan yang mendalam untuk mengungkap apakah yang terjadi atau siapa yang melakukan kecurangan tersebut. Pemeriksaan yang mendalam dan menyeluruh pada sebuah kasus inilah yang disebut dengan audit investigasi.

Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada pegawai untuk dapat mengidentifikasi, mendeteksi dan mencegah adanya kecurangan. Pelatihan audit investigatif memberikan berbagai submateri antara lain pemahaman Audit Investigatif, Overview Audit Investigatif, Pengertian kecurangan (fraud), Profil Pelaku dan Alasan Melakukan Kecurangan, Metode Teknik Audit Investigasi dan Pelaporan Audit Investigasi, Pengumpulan Bukti dan Pelaporan, Pencegahan Kecurangan serta Contoh Kasus dan Penanganannya. Dengan materi seperti ini diharapkan peserta memiliki pemahaman yang komprehensif tentang tugas-tugas keinvestigasian mulai dari perencanaan sampai dengan penerbitan laporan. Selain itu dengan pelatihan audit investigatif ini, Peserta dapat mengidentifikasi, menyusun program kerja untuk mengungkap kecurangan serta dapat menyusun pengendalian agar tidak terjadi kecurangan.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Kegiatan Pelatihan, Pelatihan Komputer, Pengembangan SDM, Teknologi Informasi
Keyword : , , , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami