Pelatihan Pemetaan – Dinas PUPR Kutai Barat Pelatihan SIG dan Inderaja


Diterbitkan pada : 20 Sep 2021

Seiring dengan situasi Yogyakarta yang semakin kondusif Smile Group sebagai lembaga pelatihan teknologi informasi dan pengembangan sumber daya manusia telah memulai pelatihan luring atau offline di kantor Smile Group. Pelaksanaan kegiatan pelatihan mengikuti aturan protokol kesehatan yang ketat. Peserta pelatihan GIS dan Remote Sensing kali ini sejumlah 12 orang dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kutai Barat. Pelatihan terbagi menjadi dua kelas, yakni kelas Sistem Informasi Geografis atau Geographic Information System dan Penginderaan Jauh atau Remote Sensing. Pelatihan berlangsung tanggal 18-22 September 2021 bertempat di gedung Smile Group, jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Kuantan Mlati Square kav. R3-5 & A2 Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.


GIS (Geographic Information System) atau di Indonesia dikenal SIG (Sistem Informasi Geografis) adalah sistem aplikasi untuk pengelolaan data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan) yang dirancang untuk bekerja dengan data yang berkoordinat geografi. Tujuan pokok dari pemanfaatan GIS adalah untuk mempermudah mendapatkan informasi yang telah diolah dan disimpan sebagai atribut suatu lokasi atau obyek. Misalnya, GIS bisa membantu merencanakan pengelolaan sumber daya, perencanaan pembangunan, kartografi maupun menghitung waktu tanggap darurat saat terjadi bencana alam, atau yang lainya. Hampir semua bidang yang bekerja dengan informasi memerlukan GIS, di antaranya bidang pertanian, kesehatan, perikanan, kehutanan, perkotaan, tambang, lingkungan, transportasi dan lain-lain.

Penginderaan jauh sering disingkat INDRAJA adalah ilmu atau teknik dan seni untuk mendapatkan informasi tentang objek/wilayah/gejala di permukaan bumi tanpa melalui kontak langsung. Karena tanpa kontak langsung, maka memerlukan media supaya obyek atau gejala tersebut dapat diamati dan “didekati” oleh si penafsir. Media ini berupa citra (image atau gambar). Citra adalah gambaran rekaman suatu obyek (biasanya berupa gambaran pada foto) yang dihasilkan dengan cara optik, elektro-optik, optik mekanik, atau elektronik. Citra penginderaan jauh bermanfaat bagi berbagai bidang, antara lain pertanian, kelautan, kehutanan, pertahanan, kebencanaan, dsb. Tujuan utama dari penginderaan jauh adalah untuk mengumpulkan data sumber daya alam dan lingkungan.

Smile group menyelenggarakan pelatihan berbasis pemetaan antara lain pelatihan GIS Dasar, GIS Tingkat Lanjut, Pelatihan Penginderaan Jauh / Remote Sensing, Pelatihan WebGIS dan Pemetaan tematik menggunakan Drone.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Kegiatan Pelatihan, Pelatihan Instansi, Pelatihan Komputer, Pelatihan Singkat
Keyword : , , , , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami