Bimtek PBJ – Pemkot Tegal Melaksanakan Bimtek PBJ sesuai Prepres 12 Tahun 2021


Diterbitkan pada : 09 Dec 2021

Dalam rangka menggerakkan roda perekonomian suatu daerah, maka pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa atau PBJ menjadi hal yang sangat penting dan mendesak. Untuk itu sesuai dengan Perpres Nomor 12 Tahun 2021 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah maka pada tanggal 3 – 4 Desember 2021 Pemerintah Kota Tegal bekerjasama dengan salah satu lembaga pelatihan instansi, yakni Smile Group menyelenggarakan Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa sesuai Prepres 12 Tahun 2021. Kegiatan Bimtek PBJ berlangsung di daerah Kuningan, Jawa Barat. Bimtek PBJ diikuti oleh 80 peserta yang dibagi dalam 2 kelas agar transfer ilmu menjadi lebih efisien.

Pengadaan Barang dan Jasa atau PBJ untuk kepentingan pemerintah merupakan salah satu alat untuk menggerakkan roda perekonomian, karena penyerapan anggaran melalui pengadaan barang dan jasa ini menjadi sangat penting. Pelaksanaan pengadaan yang efektif dan efisien serta ekonomis untuk mendapatkan manfaat maksimal dari penggunaan anggaran harus tetap menjadi prioritas.

Pengadaan barang dan jasa pada hakikatnya adalah upaya pihak pengguna barang/jasa untuk mendapatkan atau mewujudkan barang/jasa yang diinginkan dengan menggunakan metode dan proses tertentu agar dicapai kesepakatan tepat harga, kualitas (spesifikasi), kuantitas (volume), waktu, dan kesepakatan lainnya. Tujuan diadakannya Bimtek PBJ adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam bidang pengadaan barang/jasa pemerintah secara profesional.

Bimtek ini bertujuan agar birokrasi pengadaan barang mampu mewujudkan nilai-nilai persaingan yang sehat, terbuka, transparan, efisien, efektif serta memenuhi asas keadilan pada semua pihak. Sistem pengadaan barang yang menerapkan prinsip-prinsip tata pemerintahan yang baik akan mendorong efisiensi dan efektivitas belanja publik.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Kegiatan Pelatihan, Pelatihan Instansi, Pelatihan Singkat, Pengembangan SDM, Teknologi Informasi, Workshop
Keyword : , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami