Pelatihan Data Statistik – Prodi D3 Perpustakaan Sekolah Vokasi UNS Pelatihan Analisis Data Statistik Menggunakan SEM AMOS


Diterbitkan pada : 24 Jun 2022


Data adalah salah satu bagian penting dari sebuah karya ilmiah yang identik dengan dunia akademik. Data mengungkap fakta sekaligus bahan untuk dianalisis menjadi sebuah kesimpulan dan keputusan. Untuk itu Program Studi D3 Perpustakaan Sekolah Vokasi Universitas Negeri Surakarta atau UNS bekerjasama dengan lembaga pendidikan dan pelatihan Smile Group Yogyakarta menyelenggarakan Pelatihan Analisis Data Statistik Menggunakan SEM AMOS untuk beberapa sdm terbaik di SV UNS. Pelatihan berlangsung di salah satu hotel di Solo tanggal 22-24 Juni 2022.

Para peneliti yang menggunakan data statistik, dalam menjalankan aktivitasnya tidak mudah untuk mendapatkan sampel yang memenuhi asumsi serta mempunyai distribusi tertentu. Kebanyakan sampel yang diperoleh hanyalah sebatas mendekati tertentu. Oleh karena itu, kemudian para peneliti harus memiliki kelengkapan metode dan teknik agar proses pengumpulan data hingga analisisnya dapat optimal mencapai standar ilmiah dan kebenaran. Maka dikembangkanlah analisis menggunakan statistik parametrik dan non parametrik.

Statistik Parametrik, yaitu ilmu statistik yang mempertimbangkan jenis sebaran atau distribusi data, yaitu apakah data menyebar secara normal atau tidak. Dengan kata lain, data yang akan dianalisis menggunakan statistik parametrik harus memenuhi asumsi normalitas. Pada umumnya, jika data tidak menyebar normal, maka data seharusnya dikerjakan dengan metode statistik non-parametrik, atau setidak-tidaknya dilakukan transformasi terlebih dahulu agar data mengikuti sebaran normal, sehingga bisa dikerjakan dengan statistik parametrik.

Statistik Non-Parametrik adalah test yang modelnya tidak menetapkan syarat-syaratnya yang mengenai parameter-parameter populasi yang merupakan induk sampel penelitiannya. Oleh karena itu observasi-observasi independent dan variabel yang diteliti pada dasarnya memiliki kontinuitas. Uji metode non parametrik atau bebas sebaran adalah prosedur pengujian hipotesa yang tidak mengasumsikan pengetahuan apapun mengenai sebaran populasi yang mendasarinya kecuali selama itu kontinyu. Singkatnya: Statistik Non-Parametrik adalah yaitu statistik bebas sebaran (tidak mensyaratkan bentuk sebaran parameter populasi, baik normal atau tidak). Selain itu, statistik non-parametrik biasanya menggunakan skala pengukuran sosial, yakni nominal dan ordinal yang umumnya tidak berdistribusi normal.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Kegiatan Pelatihan, Pelatihan Instansi, Pelatihan Singkat, Pengembangan SDM
Keyword : , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami

Introducing Official ApeStaking Protocol for ApeCoin.

New NFT Marketplace Blur s Courting Professional.