Pelatihan Pemetaan – Bappeda Kab Pegunungan Bintang Pelatihan Pembuatan Peta Tematik Menggunakan UAV/Drone


Diterbitkan pada : 11 Aug 2022

>Peta adalah gambaran permukaan bumi yang ditampilkan baik tercetak maupun digital pada suatu bidang datar dengan skala tertentu. Peta memiliki peran penting dalam memberikan gambaran, data maupun informasi lainnya tentang suatu daerah. Informasi dan data tersebut sangat bermanfaat bagi pembangunan suatu daerah serta perencanaan investasi bagi kalangan bisnis. Untuk itu Badan Perencanaan Pembangunan Daerah atau Bappeda Kabupaten Pegunungan Bintang mengirimkan beberapa sdm terbaiknya mengikuti Pelatihan Pembuatan Peta Tematik Menggunakan UAV/Drone di Smile Group Yogyakarta, tempat pelatihan TI dan SDM untuk instansi pemerintah maupun swasta. Pelatihan pemetaan drone berlangsung tanggal 8-10 Agustus 2022 bertempat di kantor Smile Group jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Kuantan Square Mlati kav. R3-5 & A2 Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Survei wilayah dan pemetaan dengan menggunakan UAV/Drone akhir-akhir ini berkembang sangat pesat seiring meningkatnya teknologi drone yang semakin canggih dan modern serta memakan biaya yang semakin murah dalam pengoperasiannya. UAV/Drone dinilai lebih praktis dalam merekam dan mengumpulkan data fotogrametri dan sangat memungkinkan untuk menghasilkan peta 3 dimensi. Di sisi lain, software pengolah data dari drone menjadi gambar atau citra dan peta juga berkembang sangat pesat. Maka membuat peta tematik sesuai kebutuhan instansi atau pengguna menjadi relatif mudah dan cepat. Peta atau informasi geospasial adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Peta bisa disajikan dalam berbagai cara yang berbeda, mulai dari peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer dan dijadikan Informasi Geospasial Tematik sesuai kebutuhan.

Materi pelatihan meliputi pengenalan dasar-dasar UAV/Drone, Permenhub No. 90 Tahun 2015, teori pemetaan udara dan UAV/Drone, praktik menerbangkan UAV/Drone, praktik lapangan pemetaan menggunakan UAV/Drone serta praktik pengolahan hasil foto udara menjadi Informasi Geospasial Tematik.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Kegiatan Pelatihan, Pelatihan Instansi, Pelatihan Singkat, Pengembangan SDM
Keyword : , , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami