Pelatihan SDM – UNESCO Timor Leste Pelatihan Online Women Empowerment


Diterbitkan pada : 12 Apr 2023


Kapasitas perempuan semakin terbukti dan diakui di segala sisi kehidupan, terutama dalam kemampuan dalam memimpin. Kemampuan dan kemajuan perempuan menunjukkan bagaimana kemajuan sebuah negara. Untuk meningkatkan kapasitas perempuan maka UNESCO Timor Leste menyelenggarakan kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas perempuan dalam kepemimpinan. Pelatihan bekerjasama dengan Smile Group dan diselenggarakan secara online atau daring. Pelatihan berjudul Women Empowerment in Leadership Management and ICT Skills in Rural Area berlangsung tanggal 11-12 April 2023.

Diakui atau tidak, jama sekarang di beberapa tempat, dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara kaum perempuan masih menghadapi berbagai hambatan untuk mengaktualisasikan diri, mengakses, berpartisipasi dan menikmati proses serta hasil pembangunan setara dengan laki-laki. Handycaps yang secara fundamental dirasakan oleh perempuan terkait erat dengan pandangan masyarakat bahwa perempuan kurang memiliki pengetahuan, kemampuan dan kepantasan untuk terlibat dalam pengambilan keputusan di ruang publik, apalagi terlibat dalam tata kelola pemerintahan dari tingkat desa hingga nasional.

Pandangan ini menyebabkan potensi dan suara perempuan kurang didengar dan diperhatikan, dan ruang partisipasi perempuan yang telah diupayakan dengan berbagai peraturan, kebijakan dan program pemerintah hanya formalitas prosedural saja. Padahal perempuan merupakan separuh potensi kekuatan bangsa, kebutuhan, pengalaman, gagasan, dan pemikiran perempuan yang spesifik merupakan sumber pengetahuan tak ternilai yang dapat mengatasi berbagai tantangan kehidupan di masyarakat. Maka memerlukan penguatan dan optimalisasi kemampuan perempuan sebagai pemimpin. Sebagai pemimpin, perempuan dalam mengatur jajarannya, memiliki beberapa faktor antara lain: Trust (Kepercayaan) dan Respect (Menghargai). Kemampuan leadership dan manajemen organisasi ini sangat penting dikuasai oleh siapapun, termasuk perempuan, baik yang telah menjadi pimpinan di semua tingkat maupun yang saatnya nanti akan memimpin suatu organisasi.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Kegiatan Pelatihan Online, Pelatihan Instansi, Pengembangan SDM, Workshop
Keyword : , , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami