Pengembangan Kapasitas SDM – Disnakertrans Kutai Barat Pelatihan Manajemen Informasi


Diterbitkan pada : 09 Nov 2023

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau Disnakertrans Kabupaten Kutai Barat mengikuti 2 kegiatan pelatihan yakni Pelatihan Penyusunan Informasi Pasar Kerja dan Prosedur Penyelenggaraan Pelatihan Kerja dan Pemagangan tanggal 8-11 November 2023. Pelatihan diselenggarakan bekerjasama dengan Smile Group, lembaga pendidikan dan pelatihan instansi pemerintah dan swasta yang berdomisili di Yogyakarta. Pelatihan berlangsung di salah satu hotel di Legian, Bali.

Informasi Pasar Kerja adalah suatu kegiatan yang memberikan data atau keterangan-keterangan yang berhubungan dengan masalah pasar kerja. Untuk kepentingan pemerataan informasi maka pasar kerja perlu ditata sedemikian rupa sehingga dapat menjangkau semua lapisan masyarakat dengan jelas dan benar, sehingga layanan sistem informasi pasar kerja harus optimal dan terintegrasi dengan data industri. Optimalisasi sistem informasi pasar kerja akan menghasilkan data yang dapat membantu menyiapkan tenaga kerja yang siap terserap industri. Salah satunya pada sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Pengembangan informasi pasar kerja dan layanan informasi pasar kerja antara lain dengan membangun sistem informasi pasar kerja mutakhir dan komprehensif dapat menggambarkan struktur tenaga kerja, karakteristik tenaga kerja, persediaan dan kebutuhan tenaga kerja secara komprehensif. Sistem Informasi Pasar Kerja (SIPK) merupakan kebutuhan mutlak agar dapat melakukan perencanaan tenaga kerja dengan baik, dan mengakomodir kebutuhan informasi pasar kerja bagi pihak-pihak yang terkait, baik pemerintah, pencari kerja, pemberi kerja, lembaga pelatihan kerja, dunia usaha, dan masyarakat umum.

Pelatihan Kerja adalah keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan. Pemagangan adalah bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dan bekerja secara langsung. Magang merupakan salah satu bentuk Praktik Kerja Lapangan (PKL) bagi pelajar atau mahasiswa sesuai dengan bidang dan keahlian masing-masing. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dari sebuah kegiatan praktik kerja dan permagangan maka membutuhkan pengelolaan yang baik dan benar. Dikelala sengan baik sesuai target dan diselenggarakan secara benar sesuai prosedur dan aturan.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Kegiatan Pelatihan, Pelatihan Instansi, Pelatihan Singkat, Pengembangan SDM
Keyword : , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami