Pelatihan GIS Dinas PU Bidang Penataan Ruang Provinsi Papua Barat


Diterbitkan pada : 23 Apr 2015

pelatihan GIS Dinas PU Papua Barat  Papua Barat – Dinas PU provinsi Papua Barat mengadakan kegiatan in house training atau bimbingan teknis mengenai pemetaan dengan Sistem Informasi Geografis (SIG) atau lebih populer dengan Geographic Information System (GIS). Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh perwakilan dari PU seprovinsi Papua Barat khususnya bidang penataan ruang serta beberapa instansi terkait seperti Bappeda. Dari pelatihan ini diharapkan para peserta mampu memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung perencanaan percepatan pembangunan kawasan timur khususnya Papua barat dengan menggunakan Sistem Informasi Geografis. Pelatihan ini diikuti sekitar 36 peserta, di Hotel Fujita jalan Drs. Esau Sesa, Manokwari pada tanggal 9 – 20 April 2015.

Pelatihan GIS untuk penataan ruang

Pelatihan GIS ini dibuka secara resmi dengan menabuh tifa sebanyak 5 kali oleh Bapak Gubernur yang diwakili oleh  Bapak Ir. Silas Kapisa, M.Si selaku Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Sosial. Pada prinsipnya Beliau sangat mendukung atas kegiatan ini dan berpesan kepada semua peserta agar memanfaatkan pelatihan ini dengan baik, ilmunya segera bisa digunakan untuk perencanaan proses percepatan pembangunan. Sebagaimana diketahui bahwa di wilayah Papua Barat masih banyak permasalahan perbatasan wilayah yang menjadi pekerjaan rumah yang harus mendapatkan perhatian khusus. Sistem Informasi Geografis tidak sekedar untuk pemetaan, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk perencanaan wilayah dan tata kota, perencanaan pengembangan potensi daerah, pengelolaan sumber daya alam dan masih banyak lagi manfaat lain. Ini merupakan pelatihan GIS dengan pemilihan materi yang sangat tepat karena pesertanya dari dinas pekerajaan umum bidang penataan ruang. Dengan dukungan Sistem Informasi Geografis, kegiatan perencanaan tata ruang wilayah dan kota, baik di provinsi Papua Barat maupun kabupaten/kota, diharapkan akan menjadi lebih efektif dan efisien.

Pelatihan GIS PU Papua Barat

Bagi Dinas Pekerjaan Umum provinsi Papua Barat, bekerjasama dengan Smile Group sebenarnya bukan kali pertama karena pada tahun sebelumnya (2014) juga telah melaksanakan in house training penginderaan jauh dengan Smile Group. Rangkaian acara ini merupakan kelanjutan dari pelatihan GIS yang sebelumya dan juga sebagai bukti komitmen pemerintah provinsi Papua Barat untuk selalu meningkatkan kompetensi bidang GIS khususnya di jajaran Dinas Pekerjaan Umum.

Praktik GPS Dinas PU bidang tata ruang

Praktik Input data GPS pelatihan GIS
Pelatihan GIS ini diakhiri dengan pembacaan laporan ketua panitia, Bapak Maruli Tua Siagian, ST dan ditutup dengan menabuh tifa sebanyak 5 kali oleh kepala dinas yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Penataan Ruang, Bapak Samy Djunire, SP, MSi. Banyak pesan yang disampaikan kepada seluruh peserta pelatihan agar segera mempraktikKan dan mengembangkan ilmunya sekaligus mempersiapkan diri untuk pelatihan lanjutan atau GIS advance.  Selanjutnya dengan mengucapkan syukur karena acaranya lancar dari awal hingga akhir dan dilanjutkan foto bersama antara peserta, trainer dan official.

Penutupan Pelatihan GIS

pelatihan GIS PU Bidang penataan ruang

 

 

 

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Teknologi Informasi
Keyword : , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami