LPMP Papua Barat ikuti Pelatihan WebGIS Pemetaan Sebaran Sekolah


Diterbitkan pada : 28 Jun 2019

Data Spasial merupakan data yang memiliki referensi ruang kebumian (georeference) di mana berbagai data atribut terletak dalam berbagai unit spasial. Pemanfaatan data spasial semakin meningkat setelah adanya teknologi pemetaan digital dan pemanfaatannya pada Sistem Informasi Geografis (SIG). LPMP Sebagai salah satu lembaga yang memantau mutu pendidikan di wilayahnya, sangat diharapkan untuk menggunakan data spasial dalam memaparkan tupoksi berdasarkan peta tematik yang diinginkan, seperti peta sebaran sekolah, peta mutu pendidikan dan berbagai hal lain terkait dengan bidang pendidikan. Agar peta dengan data atribut dapat diakses oleh masyarakat, tentunya harus dionlinekan dengan memanfaatkan webGIS.

Beberapa pegawai terbaik dari LPMP Papua Barat dikirim ke Smile Group untuk melaksanakan Pelatihan webGIS yang dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2019 sampai dengan 28 Juni 2019. Materi pelatihan webGIS diantaranya adalah pembuatan data lokasi sekolah beserta atribut – atributnya menggunakan arcGIS, kemudian data tersebut diekspor dan diimpor pada Google MyMaps, setelah itu data diimport lagi menggunakan ArcGIS Online, dan diekspor menjadi peta online yang dapat ditampilkan pada website.

Smile Group merupakan lembaga pelatihan IT dan pengembangan SDM untuk instansi pemerintah dan swasta. Salah satu  pelatihan bidang IT yang sering dilaksanakan adalah dibidang pemetaan, yang meliputi pelatihan GIS Dasar, GIS lanjut, remote sensing / penginderaan jauh dan pemetaan menggunakan drone. Dengan peserta dari seluruh Indonesia dan berbagai kementerian Timor Leste, kami memiliki dedikasi yang tinggi untuk melaksanakan pelatihan bermutu dan pelayanan prima kepada setiap peserta pelatihan.

 

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Teknologi Informasi
Keyword : , , , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami