Pelatihan Laboratorium – Poltekkes Kemenkes Surakarta Pelatihan Manajemen Laboratorium


Diterbitkan pada : 09 Mar 2023


Sebagai institusi pendidikan, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan atau Poltekkes Kemenkes Surakarta memiliki peralatan pendukung penelitian, antara lain laboratorium. Khusus bidang kebidanan, peralatan laboratorium memiliki peran dan fungsi penting bagi perkembangan keilmuan. Guna mendukung perkembangan laboratorium, Poltekkes Kemenkes Surakarta menugaskan beberapa sdm terbaiknya mengikuti Pelatihan Manajemen Laboratorium Kebidanan tanggal 7-9 Maret 2023. Pelatihan manajemen laboratorium kebidanan berlangsung di gedung Smile Group Yogyakarta, jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Kuantan Square Mlati kav. R3-5 & A2 Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta serta kunjungan ke beberapa laboratorium kebidanan di Yogyakarta.

Mengelola sebuah laboratorium merupakan pekerjaan yang kompleks jika hanya dengan kemampuan manajemen saja tidaklah cukup, tanpa pengetahuan teknis laboratorium. Pengetahuan teknis yang cukup perlu dilengkapi dengan kemampuan mengelola sumber daya laboratorium. Manajemen Pengelolaan Laboratorium memerlukan penanganan yang baik, prosedur kerja yang jelas, dan pemeliharaan secara berkala.

Laboratorium sebagai “data generator”, harus mampu menghasilkan data yang handal dan dapat dipercaya kebenarannya agar tidak menyesatkan dalam pengambilan keputusan. ISO 17025:2005, menggariskan pokok-pokok pengelolaan untuk mencapai tujuan tersebut. Namun secara detail diperlukan pengetahuan dan pengalaman untuk menerjemahkan dalam kegiatan operasional. Hal-hal strategis yang nyata dan perlu dipahami adalah masalah kepemimpinan, pembinaan tenaga laboratorium, pemanfaatan dan pemeliharaan peralatan, pengelolaan sumber informasi, kendali mutu hasil analisis, keselamatan dan kesehatan kerja serta sistem administrasi dan laporan.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Kegiatan Pelatihan, Pelatihan Instansi, Pelatihan Singkat, Pengembangan SDM
Keyword : , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami