Diklat RBA PT BLU – Politeknik Negeri Bali Pelatihan Penyusunan RBA Pada PT BLU


Diterbitkan pada : 08 Apr 2022

Semenjak menjadi Perguruan Tinggu Badan Layanan Umum atau PT BLU pada 31 Mei 2021, Politeknik Negeri Bali terus mempersiapkan diri dengan berbagai kegiatan baik sistem maupun sumber daya manusia. Salah satu kegiatan dalam rangka mendukung hal tersebut adalah mengirimkan beberapa sdm terbaiknya guna mengikuti Diklat Penyusunan Rencana Bisnis dan Anggaran atau RBA Pada PT BLU yang diselenggarakan oleh salah satu penyelenggara pelatihan instansi, Smile Group Yogyakarta. Pelatihan RBA PT BLU berlangsung tanggal 4-7 April 2022 di salah satu hotel di Yogyakarta.

Penyusunan Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA) berbeda dengan RKA. Rencana Bisnis dan Anggaran merupakan dokumen yang memuat tentang Rencana Bisnis dan Anggaran yang rinci berbasis biaya, bukan belanja. Rencana Bisnis & Anggaran, atau yang biasa disebut juga dengan RBA adalah dokumen perencanaan bisnis dan penganggaran tahunan yang berisi program, kegiatan,target kinerja dan anggaran suatu BLU. Instansi pemerintah (Perguruan Tinggi) yang sudah menjadi BLU dan akan menyusun RBA juga dituntut untuk memiliki wawasan bisnis yang “lebih” tajam dan terperinci. Karena proses penyusunan RBA lebih menitikberatkan pada pendekatan rencana bisnis daripada rencana kegiatan. Secara teknis, penyusunan RBA juga memerlukan penguasaan kebijakan dan metode akuntansi yang benar, terutama dalam penyajian prognosis dan proyeksi laporan keuangan.

Dengan submateri ketentuan, proses, sistematika penyusunan RBA, penyusunan analisis eksternal dan internal, analisis kinerja tahun berjalan dan proyeksi keuangan diharapkan diklat kali ini memberikan hasil yang nyata, aplikatif dan nyata bagi para peserta.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Kegiatan Pelatihan, Pelatihan Instansi, Pengembangan SDM, Workshop
Keyword : , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami