Workshop Keuangan Sekolah – SMKN 3 Batam dan SMKN 6 Batam Pelatihan Penatausahaan Keuangan Sekolah


Diterbitkan pada : 01 Sep 2023

Dalam rangka meningkatkan kapasitas sdm dalam proses perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan, dan pengawasan sumber daya keuangan yang tersedia di sekolah, SMKN 3 Batam dan SMKN 6 Batam mengirimkan beberapa sdm terbaiknya guna mengikuti Pelatihan Penatausahaan Keuangan Sekolah yang terdiri dari Dana SPP dan Dana BOS. Pelatihan atau workshop pengelolaan keuangan sekolah berlangsung tanggal 22-26 Agustus 2023 bertempat di gedung Smile Group jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Kuantan Square Mlati kav. R3-5 & A2 Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dana SPP dan BOS adalah program untuk penyediaan pendanaan biaya operasi non personalia bagi satuan pendidikan dasar dan menengah. Dana SPP dan BOS dikelola oleh sekolah dengan menerapkan MBS, yang memberikan kebebasan dalam perencanaan, pengelolaan, dan pengawasan program yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan sekolah.
Beberapa ketentuan yang harus diperhatikan dalam Pengelolaan dana SPP dan BOS antara lain: mengelola dana secara profesional dengan menerapkan prinsip efisien, efektif, akuntabel, dan transparan; melakukan evaluasi setiap tahun; dan menyusun Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM), Rencana Kerja Tahunan (RKT), dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

Dengan submateri: pemahaman dan pemanfaatan dana SPP dan BOS serta bantuan lainnya, pengelolaan/penatausahaan keuangan sekolah (Dana SPP dan bantuan lainnya), penyusunan RKAS SPP dan BOS sesuai dengan ketentuan yang ada, pelaporan keuangan SPP dan BOS (BKU, Buku Bank, Buku Pajak, BK7, SPTJ & Kwitansi) serta praktik penyusunan dan pelaporan keuangan, diharapkan para peserta memahami fungsi dan manfaat dana SPP, dapat melakukan pengelolaan dana bos dan bantuan lainnya dengan baik, meningkatkan akuntabilitas dan transparansi keuangan sekolah dan dapat meminimalkan penyalahgunaan anggaran sekolah.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Kegiatan Pelatihan, Materi Pelatihan Online, Pelatihan Instansi, Pelatihan Komputer, Pengembangan SDM
Keyword : , , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami