Pelatihan TI – Bagian Humas Setda Kabupaten Lampung Timur – Pelatihan Pembuatan Dokumentasi Menggunakan Drone


Diterbitkan pada : 26 Jul 2018

Guna memberikan dukungan yang optimal pada gambaran suatu daerah, maka kelengkapan data dan informasi sangat diperlukan. Foto dan video merupakan salah satu dokumen penting yang mampu memberikan banyak informasi tentang kondisi suatu daerah. “Image speaks louder than words” demikian jargon yang sering kita dengar. Salah satu cara pengambilan gambar yang bagus dan lengkap adalah penggunaan kamera pada drone. Untuk itu Bagian Humas Setda Kabupaten Lampung Timur mengirimkan beberapa pegawai terbaiknya guna mengikuti Pelatihan Pembuatan Dokumentasi Menggunakan Drone dan Video Editing. Pelatihan berlangsung selama 3 hari tanggal 24-26 Juli 2018 setiap jam 08:30 – 15:00 WIB bertempat di gedung Smile Group, jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Kuantan Mlati Square kav. R3-5 & A2 Yogyakarta, DIY.

Profil daerah adalah gambaran perwujudan suatu daerah berdasarkan kondisi dan potensi, peluang dan permasalahan yang mencakup aspek fisik dan tata ruang, sosial budaya, ekonomi, sumber daya alam dan infrastruktur yang disajikan dalam bentuk data dan informasi disertai tabel, grafik, gambar atau video, dan peta yang terangkum dalam sektor-sektor pembangunan.

Penyusunan profil daerah merupakan wujud pengembangan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) sebagai salah satu upaya pelaksanaan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, khususnya Pasal 391 ayat (1) dan (2) yang mensyaratkan bahwa pemerintah daerah wajib menyediakan informasi pembangunan daerah dan keuangan daerah yang dikelola dalam sistem informasi pembangunan daerah.

Drone merubah arah dokumentasi udara (foto maupun video) yang dahulu harus menggunakan helikopter, balon udara atau alat lainnya dengan biaya cukup mahal sekarang bisa dilakukan dengan drone dengan biaya relatif murah. Drone dipakai untuk banyak hal seperti dokumentasi kegiatan, pemantauan lalulintas, peliputan obyek wisata, pemantauan daerah bencana, pemetaan baik itu lokasi tambang ataupun luasan tanah, progres proyek, dokumentasi wedding atau juga dipakai sebagai hobby saja.

Dokumentasi foto & video dari udara dengan menggunakan wahana kamera drone, menggantikan posisi helikopter atau peralatan lain yang sejenis yang dapat menelan biaya sangat tinggi untuk sekali beroperasi atau mengudara, berbeda dengan wahana kamera layang/terbang yang mampu manuver terbang rendah, dan dapat mendokumentasikan photo atau video dari tempat atau lokasi yang tidak dapat dijangkau oleh tenaga manusia, dengan biaya operasional atau tarif yang relatif lebih terjangkau dengan hasil kerja yang lebih bagus.

Bagikan Tulisan Ini :
Kategori : Bimbingan Teknis, Kegiatan Pelatihan, Pengembangan SDM, Teknologi Informasi
Keyword : , , , , ,

Kegiatan Pelatihan Terkait Profil Daerah

Program Pelatihan



Arsip Berita


Lihat Semua Arsip

Klien kami terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :

Telepon (0274) 4530471, 4530475
Faximile (0274) 4530475
Email info@smilejogja.com
Datang langsung ke kantor kami :
Kuantan Square Mlati R3 - R5 & A2,
Jl. Wahidin Sudirohusodo, Sendangadi Mlati Sleman
D.I. Yogyakarta - INDONESIA
Atau isi form kontak yang sudah kami sediakan

Peta Kantor Kami